Tuesday 4 September 2012

Usaha Kecil Menghasilkan

Kadang kita sering berpikir bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan sesuatu yang lebih , atau seringkali kita inginkan sesuatu yang bisa menghasilkan uang. walaupun hanya dimulai dari hal-hal kecil nantinya akan menjadi besar dikemudian hari.

Berikut sedikit cuplikan dari kami sekeluarga untuk berbagi kepada semua rekan-rekan, usaha kecil yang sudah kami coba belum lama ini. Adalah sebuah usaha membuat kerupuk dari singkong , sedikit berbeda memang. Dahulu mungkin sudah banyak kita temukan yang namanya kerupuk samiyer. Kerupuk yang bentuknya bundar tipis terbuat dari bahan baku ketela pohon.

Mau tau kisahnya ?
Membuat usaha kerupuk ini berawal saat kami sekeluarga panen ketela pohon, dan ketela pohon yang kita panen hasilnya kurang memuaskan karena pada saat mau panen kekurangan air kondisi kekeringan hampir tidak pernah turun hujan. Dari situlah kami sekeluarga mencoba berpikir mau diapakan ketela-ketela tersebut. Hasil panennya kecil kecil dan banyak yang hampir menjadi kayu ( dalam bahasa jawa : Ngayu ). Nah rekan-rekan timbullah dalam benak kami dibuat saja menjadi kerupuk.

Mau tau bagaimana cara membuatnya ?
Awalnya kita kupas kulitnya ketela pohonnya lalu dibilas dengan air untuk dibersihkan, kemudian kita selep biar lebih cepat prosesnya. Setelah semua lembut atau dihancurkan barulah kita membuat racikan bumbunya agar bisa terasa. Bumbu antara lain bawang putih, merica, garam, dan tepung sedikit.Dari semua bumbu-bumbu itu kita tumbuk atau diulek dicampurkan jadi satu dengan ketela yang sudah lembut tersebut. Setelah selesai barulah kita buat untuk ditipiskan dengan plastik yang sudah disiapkan. Agar tidak menempel pada saat membuat tipis di plastik kita oleskan terlebih dahulu dengan minyak goreng barulah setelah siap kita kukus paling lama kurang lebih lima menit setelah kelihatan matang barulah kita jemur. 

Itulah rekan-rekan cara membuat kerupuk tidak terlalu sulit. Jika kita mau maju apapun jadi , tetep semangat pantang mundur dan jangan lupa tetap berdoa. Selamat mencoba..!!!

No comments:

Post a Comment