Wednesday 1 January 2014

Lontong Tuyuhan

Khas Kota Rembang yang satu ini sudah banyak dikenal diluar Kota Rembang. Orang Rembang tidak ada yang tidak mengenal dengan khas kota ini. Nama makanan ini diambil dari nama sebuah desa dan hampir sebagian penduduk desa menjual makanan khas ini.

Lontong Tuyuhan, berasal dari desa Tuyuhan kecamatan Pancur Kabupaten Rembang. Hampir disetiap keramaian , di jalan-jalan kita temui pedagang lontong tuyuhan ini. Ciri pedagang ini biasane menggunakan angkring dari bambu dan penjalin yang dilengkapi lampu penerangan tradisional (teplok), dan penutup lampu terbuat dari batang pisang. Dan uniknya lontong ini tidak memanjang namun dibuat segitiga dengan ukuran satu porsi untuk setiap satu lontong segitiga dengan bungkus daun pisang.

Saat ini sudah banyak sekali kita temui dihampir setiap sudut-sudut kota dan sepanjang jalan celangapan - pamotan. Awal pertama kalinya berada di tepi jalan desa beraspal jurusan Lasem - Japerejo tepatnya di Desa Pandan yang saat sekarang ini masih ada. Menu Lontong Tuyuhan ini kuah seperti opor bersantan ada yang kental dan ada yang encer dengan tempe yang sudah dimasak bareng dalam kuah beserta ayam kampung yang sudah dipotong-potong . Segernya hemm...bikin ketagihan, bagi yang belum pernah mencoba silahkan mencoba ditanggung bisa ketagihan. Saya sendiri paling suka makan lontong tuyuhan ini bisa habis dua piring bisa dipastikan nambah.

Lontong Tuyuhan rasanya heemmm...bikin ketagihan...maknyuuuussss.

No comments:

Post a Comment